Popok Kain vs Popok Sekali Pakai, Mana yang Lebih Baik? Ketahui Juga Pengaruhnya pada Lingkungan

Jika sudah jadi orang-tua, banyak hal yang penting kita dalami. Diantaranya ialah langkah pilih popok untuk bayi. Waktu baru lahir, bayi dapat buang air sekitar 6-8 kali satu hari. Sehingga kita harus cepat menukar popok untuk kenyamanan dan kesehatan buah kesayangan. Kemungkinan sepintas remeh, tetapi penting sekali lo untuk betul-betul memahami tipe popok bayi yang ada.

Secara biasa ada dua tipe, yakni popok kain dan popok sekali gunakan (pospak) yang dibuat dari plastik dan gel penyerap air. Semasing memiliki keunggulan dan kekurangan tertentu. Nah lebih bagus tentukan popok kain atau pospak, ya? Yok baca dahulu bedanya. Sesudah memahami, kamu dapat jatuhkan opsi pada popok yang sama keperluanmu~

Tetapi, clodi condong mudah bocor dan harus kerap ditukar. Kamu juga perlu meluangkan waktu untuk membersihkan dan mengeringkannya. Status menjemur tidak bisa salah dan tidak boleh menggunakan detergen yang terlalu berlebih. Kamu juga seharusnya tidak menggunakankan clodi begitu ketat ke badan bayi sebab bisa mengakibatkan ruam. Tetapi beberapa kekurangan itu tidak merintangi beberapa ibu untuk pilih clodi. Jika dibanding popok sekali gunakan, lebih bagus mana ya?

Kelebihan popok sekali gunakan alias pospak ialah kepraktisannya. Tipe popok ini mudah diketemukan di toko, mudah digunakan ke bayi, dan tinggal dibuang jika sudah kotor. Daya serapnya juga lebih kuat dibandingkan clodi. Tetapi, kamu harus mengggantinya tiap 4-6 jam. Popok ini memiliki wujud yang sederhana. Kecuali pospak dengan perekat di kanan dan kirinya, kamu dapat pilih pospak berupa celana yang paling mudah untuk digunakan.

Di lain sisi, pospak memiliki kekurangan yakni harga yang tambah mahal. Walau sebenarnya bayi yang baru lahir sampai berumur enam bulan dapat habiskan 100 pospak dalam satu bulan. Disamping itu, kandung kimia dalam popok ini dapat memunculkan ruam di kulit bayi. Yang tidak kalah penting, sampah pospak bisa juga mencemarkan lingkungan sebab dibuat dari plastik susah tergerai.

Inovatif ya solusi-solusi dari negara maju itu. Kita perlu mengikuti mereka nih agar sampah sisa popok tidak mencemarkan seputar. Disamping itu, kamu bisa juga memakai tipe popok yang lebih ramah lingkungan. Pikirkan baik dahulu saat sebelum pilihnya~